Tip dan Trik Mencari Bongkahan Batu Berpotensi Akik

Mencari Bongkahan Batu Akik yang berkualitas adalah suatu hal yang gampang-gampang susah, tapi juga mengasyikkan karena selain mencari Batu Akik kita juga bisa rekreasi.
Tidak semua Batu itu berpotensi Akik. Jadi sebelum anda pergi mengembara mencari Batu Akik, anda harus mengetahui dulu Ciri-ciri Bongkahan Batu yang Berpotensi Akik. Oleh karena itu Tutorial Bagus akan membimbing anda dengan berbagi pengalaman kepada saudara-saudaraku semua.

Sebelum kita membahas bagaimana cara mencari batu akik di aliran sungai kita harus terlebih dahulu mengenal ciri-ciri batu akik yang masih berbentuk bongkahan,


Bongkahan Batu Akik


Berikut adalah salah satu ciri-cirinya:

Tekstur luar bongkahan batu akik lebih halus dibandingkan batu biasa dan memiliki warna yang berbeda (tergantung jenis batu akik).
Batu akik lebih keras dan padat dibandingkan dengan batu kali, terkadang bongkahan batu akik tertutup kulit batu berwarna putih sehingga warna asli batu akik tidak terlihat dari luar.
Setidaknya setelah kalian sedikit tau tentang batu akik yang berupa bongkahan, mari kita bahas bagaimana cara mencari batu akik di aliran sungai :

Cara Mencari Bongkahan Batu Berpotensi Akik


1. PERALATAN

Palu: palu digunakan untuk memecahkan batu yang menurut anda itu mirip dengan ciri-ciri batu akik. Pemecahan batu cukup dibagian sudut batu agar warna dalam batu tersebut terlihat hal tersebut bertujuan untuk membuktikan apakah batu tersebut benar merupakan batu akik atau batu kali.
Tas: berfungsi untuk menyimpan/membawa barang bawaan yang diperlukan dan juga sebagai tempat menyimpan sementara perolehan batu akik.
Sepatu: dalam mencari batu akik di aliran sungai disarankan anda menggunakan sepatu untuk perlindungan kaki anda, jika perlu anda gunakan sepatu boot agar tahan air.
Makanan & Minuman : bawalah makanan/minuman dalam proses mencari batu akik ini, agar anda bisa lebih santai dan rileks dalam proses mencarinya. Tapi jika menurut anda tidak diperlukan dan malah menambah beban maka makanan & minuman ini tidak perlu anda bawa.


2. MENENTUKAN TEMPAT

Carilah sungai yang menurut kalian berpotensi ada batu akiknya atau cari sungai yang orang pernah menemukan batu akik disana. Setelah anda menentukan sungai yang berpotensi, carilah lokasi sungai tersebut yang paling jarang dikunjungi oleh orang agar peluang mendapatkan batu akik lebih besar. Untuk menjaga peluang dalam pencarian batu akik disarankan mencarinya di areal sungai yang berbatu.

Pencari Batu Permata


3. PELAKSANAAN

Setelah peralatan dan tempat telah siap maka anda sekarang siap turun ke sungai untuk mencari batu akik. Berjalanlah menyusuri sungai dengan memperhatikan batu-batu disekitar, ketelitian anda sangat diperlukan. Jika menurut anda ada batu yang mirip dengan ciri-ciri batu akik, ambillah palu dan pukul dibagian sudut batu untuk membuktikan apakah benar batu tersebut merupakan batu akik. Nah..kalau anda sudah mendapat Bongkahan Batu yang Berpotensi Akik, anda tinggal bawa ke pengrajin batu, atau anda bisa membuatnya sendiri.

Demikian semoga dapat menambah pengetahuan anda mengenai Batu Akik. 

Tip dan Trik Mencari Bongkahan Batu Berpotensi Akik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: KolBuntet