Alat Sederhana Untuk Membuat Batu Akik

Batu akik kini banyak dijual oleh para pedagang. Apalagi saat ini, trend batu akik masih menunjukkan data yang stabil. Membeli batu akik yang sudah jadi memang mempunyai kelebihan dan kekurangan. Kelebihannya adalah anda tidak perlu repot menggunakan jasa orang lain untuk mengasah batu tersebut. Namun, jika anda kebetulan ingin sekali membuat batu akik dirumah, maka anda perlu menyediakan alat-alatnya. Beberapa alat sederhana yang bisa anda gunakan, akan kita bahas secara singkat dibawah ini.



Beberapa alat sederhana yang wajib anda persiapkan adalah batu gosok dan kertas gosok (amplas). Kertas gosok yang digunakan untuk batu akik tentunya beraneka ragam. Anda harus menyediakan dari ukuran kecil hingga yang terbesar yaitu 5000. Ukuran 5000 akan anda gunakan dalam tahap finishing atau pengkilapan.

Batu gosok yang anda gunakan bisa ukuran 500 atau 1000. Tergantung keinginan dan kebutuhan anda tentunya . Anda dapat menggunakan batu gosok manual, tetapi kini sudah banyak toko yang menjual peralatan untuk menggosok batu akik secara lengkap.

Dalam membuat batu akik, tentunya diperlukan kesabaran dan ketelitian. Jangan sampai, bahan batu yang akan anda buat nantinya menjadi rusak. Jadi, untuk memulainya anda dapat berlatih dengan menggunakan jenis batu biasa. Semakin sering berlatih, maka akan menjadi kebiasaan dan proses ini membutuhkan waktu satu minggu hanya dengan berlatih setiap hari.

Menggosok batu akik dapat dilakukan dengan cara tradisional dan modern. Berbagai macam peralatan canggih telah tersedia saat ini. Namun masih banyak yang lebih memilih menggunakan peralatan yang sederhana. Hampir sebagian seluruh pengrajin batu mulia di Indonesia, masih menggunakan peralatan yang sederhana yang dirakit secara mandiri.

Pada dahulu kala, pengrajin menggunakan batu gosok tempat menggunakan dinamo. Jika dilihat saat ini banyak yang memakai dinamo atau peralatan sejenisnya. Anda sebenarnya dapat menggunakan batu gosok biasa dalam membuat batu akik. Namun tetap saja, cara ini dinilai kurang efisien mengingat perkembangan teknologi sudah maju tidak seperti orang tempo dulu.

Alat Sederhana Untuk Membuat Batu Akik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: KolBuntet